RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI Tarbiyatul Aulad Jombor
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert.
1 – 6 (6 minggu)
I.
Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia
kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta
benua-benua.
II.
Kompetensi Dasar
1.1
Mendeskripsikan perkembangan system administrasi wilayah Indonesia
III. Tujuan Pembelajaran**
A. Peserta didik dapat Menjelaskan tentang perkembangan system administrasi wilayah Indonesia.
B. Karakter peserta didik yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence
) , Jujur ( fairnes ) dan Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Pokok
A. Perkembangan sistem administrasi wilayah
Indonesia
V.
Metode
- Pendekatan kontekstual
- Pendekatan kooperatif learning
VI.
Langkah-Langkah
Pembelajaran (Pertemuan 1-6)
A. Kegiatan awal
1. Mengajak semua peserta didik berdoa sesuai dengan
agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
2. Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
B. Kegiatan inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Menjelaskan tentang perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia
2. Tanya jawab tentang perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia
3. Menunjukkan perkembangan sistem administrasi
wilayah Indonesia dalam peta / atlas, globe
4. Mengamati peta / atlas, globe setelah itu
menunjukkan dalam peta/atlas, globe tersebut
5. Membandingkan perkembangan sistem
administrasiwilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.
6. Mengamati dan mendiskusikan tentang perkembangan
sistem admisitrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.
7. melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
8. memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
2. memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
3. memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
4. memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
5. memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
6. memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
7. memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
8. memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui peserta didik
2. Guru bersama peserta didik bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
1. bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
4. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
VII.
Alat Dan Sumber Bahan
A. Peta
B. Globe
C. Buku
IPS kelas 6
VIII.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menjelaskan
perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
§ Menunjukan
perkembangan sistem administrasi wlayah Indonesia dalam Peta/globe
§ Membandingkan
perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara
tetangga
|
Tertulis,
|
uraian
|
Jelaskan
perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
|
A. Format Kriteria
Penilaian
- Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar
benar
* sebagian kecil
benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
- Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
B. Lembar Penilaian
No
|
Nama Peserta didik
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk peserta didik yang tidak memenuhi
syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Jombor,
12 Juli 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPS
Emy Ratnawati S Ag Suharsini
S Ag
NIP :197804011999032002 NIP
: -
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI Tarbiyatul Aulad Jombor
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert.
7 – 12 (6 minggu)
I. Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia
kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta
benua-benua.
II. Kompetensi Dasar
1.2
Mendeskripsikan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara
tetangga
III. Tujuan Pembelajaran**
A. Peserta didik dapat Menjelaskan tentang kenampakan alam dan
keadaan sosial negara-negara tetangga.
B. Karakter peserta didik yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence
) , Jujur ( fairnes ) dan Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Pokok
A. Kenampakan alam dan keadaan sosial
negara-negara tetangga.
V.
Metode
Pembelajaran
A. Pendekatan kontekstual
B. Pendekatan kooperatif learning
VI.
Langkah-Langkah
Pembelajaran (Pertemuan 7-12)
A. Kegiatan awal
1. Mengajak semua peserta didik berdoa sesuai dengan
agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
2. Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
B. Kegiatan inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Menjelaskan tentang kenampakan alam dan sosial
negara-negara tetangga
2. Tanya jawab dan observasi tentang kenampakan alam
dan sosial negara-negara tetangga
3. Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial
negara-negara tetangga
4. melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
5. memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
2. memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
3. memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
4. memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
5. memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
6. memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
7. memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
8. memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui peserta didik
2. Guru bersama peserta didik bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
1. bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
4. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
VII.
Alat Dan Sumber Bahan
A. Peta, atlas
B. Globe dan
C. Buku IPS BSE Kelas 6
VIII.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menunjukan
tentang kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
§ Membandingkan
kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
|
Tertulis,
|
uraian
|
Jelaskan Perbanding-an kenampakan alam dan
keadaan sosial negara-negara tetangga
|
- Format Kriteria Penilaian
- Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar
benar
* sebagian kecil
benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
- Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
- Lembar Penilaian
No
|
Nama Peserta didik
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk peserta didik yang tidak memenuhi
syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Jombor,
12 Juli 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPS
Emy Ratnawati S Ag Suharsini
S Ag
NIP :197804011999032002 NIP
: -
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI Tarbiyatul Aulad Jombor
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert.
13 – 18 (6 minggu)
I.
Standar Kompetensi
1.
Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial
Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
II.
Kompetensi Dasar
1.3
Mengidentifikasi benua-benua
III. Tujuan Pembelajaran**
A. Peserta didik dapat Menjelaskan tentang benua-benua.
B. Karakter peserta didik yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence
) , Jujur ( fairnes ) dan Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Pokok
§ Benua-benua
V. Metode Pembelajaran
VI.
Langkah-Langkah
Pembelajaran (Pertemuan 13-18)
A. Kegiatan awal
1. Mengajak semua peserta didik berdoa sesuai dengan
agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
2. Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
B. Kegiatan inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Menunjukan benua-benua
2. melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
3. memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. Dengan mengadakan pengamatan peta, atlas/globe
yang dilanjutkan tanya jawab dan diskusi.
2. Membedakan benua-benua
3. Mengamati peta, atlas/globe dilanjutkan tanya
jawab, diskusi, tugas
4. memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
5. memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
6. memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
7. memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
8. memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
9. memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
10. memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
11. memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui peserta didik
2. Guru bersama peserta didik bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
1. bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
4. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
VII.
Alat Dan Sumber Bahan
A. Peta,
B. Globe
C. Buku IPS BSE kelas 6
VIII.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menunjukkan
benua-benua
§ Membedakan
benua- benua
|
Tertulis,
|
Pengamatan
|
Gambarkan
atlas/globe
|
- Format Kriteria Penilaian
1.
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar
benar
* sebagian kecil
benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
- Lembar Penilaian
No
|
Nama Peserta didik
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk peserta didik yang tidak memenuhi
syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Jombor,
12 Juli 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPS
Emy Ratnawati S Ag Suharsini
S Ag
NIP :197804011999032002 NIP
: -
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI Tarbiyatul Aulad Jombor
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert.
1 – 5 (5 minggu)
I. Standar Kompetensi
2. Memahami
gejala (peristiwa) di Indonesia dan sekitarnya.
II. Kompetensi Dasar
2.1 Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam
yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
III.
Tujuan
Pembelajaran**
A. Peserta didik dapat Menjelaskan tentang benua-benua.
B. Karakter peserta didik yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence
) , Jujur ( fairnes ) dan Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Pokok
A. Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di
Indonesia dan negara tetangga
V.
Metode
Pembelajaran
A.
1Pendekatan
Kooperatif learning
VI.
Langkah-Langkah
Pembelajaran (Pertemuan 1-5)
A. Kegiatan awal
1. Mengajak semua peserta didik berdoa sesuai dengan agama,
presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
2. Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
B. Kegiatan inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Pengamatan Peta Asia Tenggara
2. melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
3. memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara
2. Menunjukkan negara-negara Asia Tenggara
3. Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara
4. Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara
5. Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala alam
Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
6. Menunjukkan ciri-ciri gejala ala Indonesia denga
Negara-negara di Asia Tenggara.
7. Menyebutkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan
negara-negara di Asia Tenggara
8. Tanya jawab ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan
negara-negara di Asia Tanggara.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui peserta didik
2. Guru bersama peserta didik bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
D. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
1. bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
4. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
5. Kesimpuan guru dan peserta didik
6. Evaluasi
VII.
Alat Dan Sumber Bahan
A. Gambar peta Indonesia
B. Gambar Peta Asia Tenggara
VIII.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menunjukkan
pada peta letak dan nama negara-negara tetangga Indonesia
§ Membandingkan
ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara lain
|
Tertulis
|
jawab singkat
|
§ Jelaskan
gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
§ Bandingkan
ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara lain
|
- Format Kriteria Penilaian
1.
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar
benar
* sebagian kecil
benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
- Lembar Penilaian
No
|
Nama Peserta didik
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk peserta didik yang tidak memenuhi
syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Jombor,
12 Juli 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPS
Emy Ratnawati S Ag Suharsini
S Ag
NIP :197804011999032002 NIP
: -
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI Tarbiyatul Aulad
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert.
6 – 9 (4 minggu)
I.
Standar Kompetensi
2. Memahami
gejala (peristiwa) di Indonesia dan sekitarnya.
II.
Kompetensi Dasar
2.2
Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam.
III. Tujuan Pembelajaran**
A. Peserta didik dapat Menjelaskan tentang cara-cara menghadapi
bencana alam.
B. Karakter peserta didik yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence
) , Jujur ( fairnes ) dan Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Pokok
§ Cara menghadapi bencana alam
V.
Metode
Pembelajaran
VI.
Langkah-Langkah
Pembelajaran (Pertemuan 6-9)
A. Kegiatan awal
1. Mengajak semua peserta didik berdoa sesuai dengan
agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
2. Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
B. Kegiatan inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
3. Menjelaskan tentang jenis-jenis bencana alam
4. Menjelaskan tentang cara-cara menghadapi bencana
alam
5. melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
6. memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
7. Tanya jawab tentang cara-cara menghadapi bencana
alam
8. Mendiskusikan tentang cara-cara menghadapi bencana
alam
9. Mengamati gambar bencana alam
10. Menentukan cara-cara menghadapi bencana alam
11. Mendiskusikan bantuan yang sesuai dengan bencana
alam yang terjadi
12. Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu
13. Mendiskusikan penyebab tiap jenis bencana alam
14. memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
15. memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
16. memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
17. memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
18. memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
19. memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
20. memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
21. memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
22. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui peserta didik
23. Guru bersama peserta didik bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
E. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
24. bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
25. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
26. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
27. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
28. Kesimpulan guru da peserta didik
29. Evaluasi
VII.
Alat Dan Sumber Bahan
§ Gambar peta Indonesia
§ Gambar Peta Asia Tenggara
VIII.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menjelaskan
carca-cara menghadapi bencana alam
§ Tanya
Jawanb jenis-jenis bencana alam
|
Tertulis
|
jawab singkat
|
Jelaskan
carca-cara menghadapi bencana alam
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar
benar
* sebagian kecil
benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Peserta didik
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk peserta didik yang tidak memenuhi
syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Jombor,
12 Juli 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPS
Emy Ratnawati S Ag Suharsini
S Ag
NIP :197804011999032002 NIP
: -
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..........................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 15 x 35 menit
Pert.
10 – 14 (4 minggu)
I.
Standar Kompetensi
3. Memahami
peranan Indonesia di era globalisasi
II.
Kompetensi Dasar
3.1
Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif
serta negatifnya terhadap kehidupan Bangsa Indonesia
III. Tujuan Pembelajaran**
¨ Peserta didik dapat Menjelaskan peranan Indonesia pada era
globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan Bangsa
Indonesia.
v Karakter peserta didik yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence
) , Jujur ( fairnes ) dan Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Pokok
§ Peranan Indonesia pada era globalisasi dan
dampak positif serta negatifnya terhadap keidupan bangsa Indonesia.
V.
Langkah-Langkah
Pembelajaran (Pertemuan 10-14)
· Kegiatan awal
30. Mengajak semua peserta didik berdoa sesuai dengan
agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
31. Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
· Kegiatan inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
32. Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan
33. Menjelaskan dampak positif terhadap kehidupan
bangsa Indonesia akibat globalisasi
34. Menjelaskan dampak negatif terhadap kehidupan
bangsa Indonesia akibat globalisasi
35. Menjelaskan contoh-contoh perubahan perilaku
masyarakat sebagai dampak globalisasi.
36. Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi
37. melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
38. memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
39. Mendiskusikan peranan Indonesia pada era
globalisasi.
40. Mendiskusikan contoh-contoh perubahan pada era
globalisasi.
41. Mendiskusiakan dampak positif globalisasi terhadap
kehidupan bangsa Indonesia.
42. Mendiskusikan dampak negatif globalisasi terhadap
kehidupan bangsa Indonesia.
43. memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
44. memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
45. memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
46. memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
47. memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
48. memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
49. memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
50. memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
51. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui peserta didik
52. Guru bersama peserta didik bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
F. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
53. bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
54. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
55. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
56. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
57. Kesimpulan guru da peserta didik
58. Evaluasi
VI.
Alat Dan Sumber Bahan
§ Gambar pabrik tekstil
§ Gambar kilang minyak
VII.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menjelaskan
Peranan Indonesia pada era globalisasi
§ Menjelaskan
contoh perubaan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi (misalnya :
gaya, hidup, makanan, paaian, komunikasi, perjalanan, nilai-nilai, dan
trandisi)
|
Tertulis:,
|
Jawab,
singkat
|
Jelaskan contoh perubaan perilaku
masyarakat sebagai dampak globalisasi (misalnya : gaya, hidup, makanan,
paaian, komunikasi, perjalanan, nilai-nilai, dan trandisi)
|
Format Kriteria
Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Peserta didik
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk peserta didik yang tidak memenuhi
syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Jombor,
12 Juli 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPS
Emy Ratnawati S Ag Suharsini
S Ag
NIP :197804011999032002 NIP
: -
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..........................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 15 x 35 menit
Pert.
15 – 18 (4 minggu)
I.
Standar Kompetensi
3. Memahami
peranan Indonesia di era globalisasi
II. Kompetensi Dasar
3.2
Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa.
III. Tujuan Pembelajaran**
¨ Peserta didik dapat Mengenal manfaat ekspor dan impor di
Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
v Karakter peserta didik yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian (respect ),
Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes
) dan
Ketelitian ( carefulness)
IV.
Materi Pokok
§ Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di
Indonesia dan negara tetangga
V.
Langkah-Langkah
Pembelajaran (Pertemuan 1-5)
· Kegiatan awal
59. Mengajak semua peserta didik berdoa sesuai dengan
agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
60. Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
· Kegiatan inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
61. Pengamatan Peta Asia Tenggara
62. melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
63. memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
64. Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara
65. Menemutunjukkan negara-negara Asia Tenggara
66. Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara
67. Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara
68. Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala alam
Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
69. Menemutunjukkan ciri-ciri gejala ala Indonesia
denga Negara-negara di Asia Tenggara.
70. Menyebutkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan
negara-negara di Asia Tenggara
71. Tanya jawab ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan
negara-negara di Asia Tanggara.
72. memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
73. memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
74. memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
75. memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
76. memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
77. memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
78. memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
79. memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
80. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui peserta didik
81. Guru bersama peserta didik bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
G. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
82. bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
83. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
84. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
85. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
86. Kesimpulan guru da peserta didik
87. Evaluasi
VI.
Alat Dan Sumber Bahan
§ Gambar peta Indonesia
§ Gambar Peta Asia Tenggara
VII.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menemutunjukkan
barang yang diekspor dan diimpor oleh Indonesia
§ Menjelaskan
betuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar
negeri
§ Menunjukkan
manfaat adanya pertukaran barang antara Indonesia dan Luar negeri
|
Tertulis:,
|
Jawab,
singkat
|
Jelaskan
betuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar
negeri
|
Format Kriteria
Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Peserta didik
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk peserta didik yang tidak memenuhi
syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Jombor,
12 Juli 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPS
Emy Ratnawati S Ag Suharsini
S Ag
NIP :197804011999032002 NIP
: -
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !