RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan :
MI Tarbiyatul Aulad Jombor
Kelas/Semester : IV/1
Tema :
Indahnya Kebersamaan
Sub Tema : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran Ke : 2
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
B. Kompetensi Dasar
PKN
PKN
Kompetensi Dasar:
3.1 Memahami
makna dan keterkaiatan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila
secara utuh
4.1 Mengamati
dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang
kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.5 Menggali
informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan
perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Matematika
Kompetensi Dasar:
3.5 Menemukan
bangun segi banyak beraturan maupun
tak beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui pengamatan.
IPS
Kompetensi Dasar:
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika
interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
C.Indikator
PKN
3.1.3 Menyebutan alasan makna dari
simbol dari masing-masing sila.
3.1.4 Mendiskripsikan keterkaitan antara bunyi sila Pancasila dengan
simbolnya
BAHASA INDONESIA
3.5.2 Merangkum peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha
di Indonesia
MATEMATIKA
3.5.2 Mengidentifikasi benda-benda
hasil budaya dan sumber daya alam yang berbentuk segi banyak tak beraturan.
IPS
4.5.2 Menjelaskan cara mengantisipasi permasalahan manusia dalam
dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
D. Tujuan
Pembelajaran:
* 1. Melalui Pengamatan gambar siswa
dapat mengkaitkan simbol dengan bunyi sila dalam pancasila
* 2. Dengan membaca terbimbing peserta
didik dapat menulis kembali hal-hal penting dari isi bacaan peninggalan
sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia
* 3. Melalui diskusi
kelompok peserta didik dapat menunjukkan bentuk benda peninggalan budaya yang
berbentuk segi banyak beraturan
* 4. Melalui
kegiatan bercerita, peserta didik mampu cara mengantisipasi permasalahan manusia
dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
E. Materi Ajar: (pokok dan rincian/dlm bentuk point)
a. Simbol kenegaraan
b. Peninggalan Sejarah
c. Bentuk Benda
F. Alokasi Waktu
6 X 35 menit
G. Pendekatan dan metode
Saintifik
Diskusi dan demonstrasi
H. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DEKSKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
· Peserta didik memulai kegiatan dengan berdoa
· Bertanya jawab untuk menyiapkan kondisi peserta didik dalam
menerima pelajaran
· Peserta didik diajak untuk mengamati berbagai macam
bentuk disekitar kelasnya
Peserta didik diberi pertanyaan
penggiring:
v
Guru memberikan pertanyaan tentang simbol
negara
v Peserta didik diminta
menyebutkan sila yang ada dalam pancasila
|
6 x 35 menit
|
Kegiatan Inti
|
·
Peserta didik dibagi dalam kelompok untuk mengamati simbol dalam sila pancasila
·
Peserta didik menjodohkan simbol gambar dalam pancasila dengan bunyi sila yang ada
·
Setelah menjodohkan gambar pancasila peserta didik melafalkan bunyi pancasila dan hafal simbolnya dalam sila pancasila
|
|
Kegiatan
Penutup
|
Contoh :
Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?
Kegiatan apa yang paling kalian sukai? Mengapa?
Kesulitan apa yang kalian temui?
Hal baik apa yang bisa kamu terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan
mengapa kamu perlu menerapkannya.
|
I. PENILAIAN :
1. Lembar kerja Bahasa Indonesia
Nama :
|
Tuliskan beberapa bentuk peninggalan benda
bersejarah pada zaman Hindhu Budha yang terdapat dalam bacaan!
|
|
2.
Rubrik pengamatan sikap Pkn
NO
|
ASPEK
PENGAMATAN
|
1
|
2
|
3
|
1
|
Kerjasama
|
Tidak
bisa menerima masukan
|
Menerima
masukan teman tetapi tidak kooperatif
|
Menerima
masukan teman dan kooperatif
|
2
|
Rasa
Ingin Tahu
|
Tidak
mau terlibat dalam kegiatan
|
Melibatkan
diri tetapi tidak totalitas
|
Berusaha
selalu terlibat dalam setiap kegiatan
|
3
|
Tanggungjawab
|
Tidak
menyelesaikan tugas yang dibebankan
|
Menyelesaikan
tugas hanya persiapan saja atau prosesnya saja
|
Menyelesaikan
tugas dari persiapan sampai proses
akhir
|
J. Sumber dan Alat Bantu Pembelajaran:
- Buku Siswa
- Kartu simbol Pancasila
- Gambar Peninggalan Benda bersejarah
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !