Mata Pelajaran :
IPA
Kelas :
VI (ENAM)
Tahun Pelajaran :
2012/2013
|
Semester
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
I
|
1
|
1.1.
Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan
(kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
|
||
2
|
1.2.
Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan
(kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya
|
|||
3
|
2.1.
Mendskripsikan pekembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut
usia
|
|||
4
|
2.2.
Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan
|
|||
5
|
2.3.
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
|
|||
6
|
2.4.
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia
|
|||
7
|
3.1.
Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam
(ekosistem)
|
|||
8
|
3.2.
Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang
mengarah pada ketidak seimbangan lingkungan
|
|||
9
|
3.3.
Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia mengarah
pada ketidak seimbangan lingkungan
|
|||
10
|
4.1.
Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan
|
|||
11
|
4.2.
Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkmbangan
Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat
|
|||
12
|
5.1.
Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
|
|||
13
|
5.2.
Menjelaskan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan
menghantarkan panas
|
|||
14
|
6.1.
Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda ( pelapukan, perkaratan,
pembususkan) melalui pengamatan
|
|||
15
|
6.2.
Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk
tujuan tertentu (karet, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari
|
|||
Jumlah
|
||||
II
|
1
|
7.1.
Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit,
katapel/model traktor sederhana energi pegas)
|
||
2
|
7.2.
Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik
|
|||
3
|
8.1.
Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan partisipasi dalam penghematannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
|||
4
|
8.2. Membuat
suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel Listrik/alarm/model
lampu lalu lintas/kapal terbang/mobil-mobilan/model penerangan rumah)
|
|||
5
|
9.1 Mendeskripsikan
system tata surya dan posisi
penyusunan tata surya
|
|||
6
|
9.2 Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi,
revolusi bumi dan revolusi bulan
|
|||
7
|
9.3 Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan
gerhana matahari
|
|||
8
|
9.4 Menjelaskan
perhitungan kalender masehi dan kalender hijriyah
|
Jumlah
|
||||
Jumlah Total
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Ibtidaiyah
Emy Ratnawati S Ag
NIP
197804011999032002
|
Jombor, 01 Juli
2012
Guru Kelas
Suharsini S
Ag
-
|
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !