Headlines News :
Home » , , , » RPP IPS VI

RPP IPS VI

Written By buguru on Senin, 24 Juni 2013 | 03.18




 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   MI Tarbiyatul Aulad Jombor
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester          :   VI / I
Alokasi Waktu             :   18 x 35 menit
                                          Pert. 1 – 6 (6 minggu)

I.             Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
II.          Kompetensi Dasar
1.1  Mendeskripsikan perkembangan system administrasi wilayah Indonesia
III.       Tujuan Pembelajaran**
A.    Peserta didik dapat Menjelaskan tentang perkembangan system administrasi wilayah Indonesia.
B.     Karakter peserta didik yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)
IV.       Materi Pokok
A.    Perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia

V.          Metode
  1. Pendekatan kontekstual
  2. Pendekatan kooperatif learning

VI.       Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-6)
A.    Kegiatan awal
1.      Mengajak semua peserta didik berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
2.      Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
B.     Kegiatan inti
            Eksplorasi
        Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.      Menjelaskan tentang perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
2.      Tanya jawab tentang perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
3.      Menunjukkan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dalam peta / atlas, globe
4.      Mengamati peta / atlas, globe setelah itu menunjukkan dalam peta/atlas, globe tersebut
5.      Membandingkan perkembangan sistem administrasiwilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.
6.      Mengamati dan mendiskusikan tentang perkembangan sistem admisitrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.
7.      melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
8.      memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
               Elaborasi
           Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.      memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
2.      memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
3.      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
4.      memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
5.      memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
6.      memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
7.      memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
8.      memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
                 Konfirmasi
              Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik
2.      Guru bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.    Kegiatan Penutup
               Dalam kegiatan penutup, guru:
1.      bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
2.      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3.      memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

VII.    Alat Dan Sumber Bahan
A.    Peta
B.     Globe
C.      Buku  IPS kelas 6

VIII. Penilaian

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menjelaskan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
§  Menunjukan perkembangan sistem administrasi wlayah Indonesia dalam Peta/globe
§  Membandingkan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga
Tertulis,
uraian
Jelaskan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia


A. Format Kriteria Penilaian      
  1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

  1. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

B.  Lembar Penilaian
No
Nama Peserta didik
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        Jombor, 12 Juli 2011
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPS


          Emy Ratnawati S Ag                                          Suharsini S Ag
NIP :197804011999032002                                 NIP : -

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   MI Tarbiyatul Aulad Jombor
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester          :   VI / I
Alokasi Waktu             :   18 x 35 menit
                                          Pert. 7 – 12 (6 minggu)

I.       Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.

II.    Kompetensi Dasar
1.2  Mendeskripsikan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga

III. Tujuan Pembelajaran**
A.    Peserta didik dapat Menjelaskan tentang kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga.

B.     Karakter peserta didik yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)

IV. Materi Pokok
A.    Kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga.
V.    Metode Pembelajaran
A.    Pendekatan kontekstual
B.     Pendekatan kooperatif learning
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 7-12)
A.    Kegiatan awal
1.      Mengajak semua peserta didik berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
2.      Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
B.     Kegiatan inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.      Menjelaskan tentang kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga
2.      Tanya jawab dan observasi tentang kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga
3.      Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
4.      melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
5.      memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.      memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
2.      memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
3.      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
4.      memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
5.      memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
6.      memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
7.      memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
8.      memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
 Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik
2.      Guru bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.     Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
1.      bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
2.      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3.      memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

VII.    Alat Dan Sumber Bahan
A.    Peta, atlas
B.     Globe dan
C.      Buku IPS BSE Kelas 6




VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menunjukan tentang kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
§  Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
Tertulis,
uraian
Jelaskan Perbanding-an kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
  1. Format Kriteria Penilaian      
  1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

  1. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1




  1.  Lembar Penilaian
No
Nama Peserta didik
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        Jombor, 12 Juli 2011
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPS


          Emy Ratnawati S Ag                                          Suharsini S Ag
NIP :197804011999032002                                 NIP : -

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   MI Tarbiyatul Aulad Jombor
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester          :   VI / I
Alokasi Waktu             :   18 x 35 menit
                                          Pert. 13  – 18 (6 minggu)

I.       Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.

II.    Kompetensi Dasar
1.3  Mengidentifikasi benua-benua

III. Tujuan Pembelajaran**
A.    Peserta didik dapat Menjelaskan tentang benua-benua.

B.     Karakter peserta didik yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)

IV. Materi Pokok
§  Benua-benua
V.    Metode Pembelajaran

VI. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 13-18)
A.    Kegiatan awal
1.      Mengajak semua peserta didik berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
2.      Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
B.     Kegiatan inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.      Menunjukan benua-benua
2.      melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
3.      memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.      Dengan mengadakan pengamatan peta, atlas/globe yang dilanjutkan tanya jawab dan diskusi.
2.      Membedakan benua-benua
3.      Mengamati peta, atlas/globe dilanjutkan tanya jawab, diskusi, tugas
4.      memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
5.      memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
6.      memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
7.      memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
8.      memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
9.      memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
10.  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
11.  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik
2.      Guru bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.     Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
1.      bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
2.      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3.      memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

VII.    Alat Dan Sumber Bahan
A.    Peta,
B.     Globe
C.     Buku IPS BSE kelas 6

VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menunjukkan benua-benua
§  Membedakan benua- benua
Tertulis,
Pengamatan
Gambarkan atlas/globe


  1. Format Kriteria Penilaian      
1.      Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.      Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

  1.  Lembar Penilaian
No
Nama Peserta didik
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                         

                                                                                        Jombor, 12 Juli 2011
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPS


          Emy Ratnawati S Ag                                          Suharsini S Ag
NIP :197804011999032002                                 NIP : -




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   MI Tarbiyatul Aulad Jombor
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester          :   VI / II
Alokasi Waktu             :   18 x 35 menit
                                          Pert. 1 – 5 (5 minggu)

I.       Standar Kompetensi
2.  Memahami gejala (peristiwa) di Indonesia dan sekitarnya.

II.    Kompetensi Dasar
2.1 Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga

III. Tujuan Pembelajaran**
A.    Peserta didik dapat Menjelaskan tentang benua-benua.

B.     Karakter peserta didik yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)
IV. Materi Pokok
A.    Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
V.    Metode Pembelajaran
A.    1Pendekatan Kooperatif learning
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-5)
A.    Kegiatan awal
1.      Mengajak semua peserta didik berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
2.      Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
B.     Kegiatan inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.      Pengamatan Peta Asia Tenggara
2.      melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
3.      memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.      Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara
2.      Menunjukkan negara-negara Asia Tenggara
3.      Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara
4.      Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara
5.      Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
6.      Menunjukkan ciri-ciri gejala ala Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.
7.      Menyebutkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
8.      Tanya jawab ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.
&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik
2.      Guru bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
D.    Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
1.      bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
2.      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
3.      memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
4.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5.      Kesimpuan guru dan peserta didik
6.      Evaluasi

VII.    Alat Dan Sumber Bahan
A.    Gambar peta Indonesia
B.     Gambar Peta Asia Tenggara

VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menunjukkan pada peta letak dan nama negara-negara tetangga Indonesia
§  Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara lain
Tertulis
jawab singkat
§  Jelaskan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
§  Bandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara lain

    1. Format Kriteria Penilaian      
1.      Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


2.      Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

    1.  Lembar Penilaian
No
Nama Peserta didik
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.





                                                                                        Jombor, 12 Juli 2011
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPS


          Emy Ratnawati S Ag                                          Suharsini S Ag
NIP :197804011999032002                                 NIP : -

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   MI Tarbiyatul Aulad
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester          :   VI / II
Alokasi Waktu             :   18 x 35 menit
                                          Pert. 6 – 9 (4 minggu)

I.       Standar Kompetensi
2.  Memahami gejala (peristiwa) di Indonesia dan sekitarnya.

II.    Kompetensi Dasar
2.2  Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam.

III. Tujuan Pembelajaran**
A.    Peserta didik dapat Menjelaskan tentang cara-cara menghadapi bencana alam.

B.     Karakter peserta didik yang diharapkan :             Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)

IV. Materi Pokok
§  Cara menghadapi bencana alam
V.    Metode Pembelajaran

VI. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 6-9)
A.    Kegiatan awal
1.      Mengajak semua peserta didik berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
2.      Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
B.     Kegiatan inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
3.      Menjelaskan tentang jenis-jenis bencana alam
4.      Menjelaskan tentang cara-cara menghadapi bencana alam
5.      melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
6.      memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
7.      Tanya jawab tentang cara-cara menghadapi bencana alam
8.      Mendiskusikan tentang cara-cara menghadapi bencana alam
9.      Mengamati gambar bencana alam
10.  Menentukan cara-cara menghadapi bencana alam
11.  Mendiskusikan bantuan yang sesuai dengan bencana alam yang terjadi
12.  Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu
13.  Mendiskusikan penyebab tiap jenis bencana alam
14.  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
15.  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
16.  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
17.  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
18.  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
19.  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
20.  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
21.  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
22.  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik
23.  Guru bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
E.     Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
24.  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
25.  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
26.  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
27.  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
28.  Kesimpulan guru da peserta didik
29.  Evaluasi

VII.    Alat Dan Sumber Bahan
§  Gambar peta Indonesia
§  Gambar Peta Asia Tenggara



VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menjelaskan carca-cara menghadapi bencana alam
§  Tanya Jawanb jenis-jenis bencana alam
Tertulis
jawab singkat
Jelaskan carca-cara menghadapi bencana alam

Format Kriteria Penilaian       
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Peserta didik
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.






  

CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        Jombor, 12 Juli 2011
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPS


          Emy Ratnawati S Ag                                          Suharsini S Ag
NIP :197804011999032002                                 NIP : -

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..........................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester          :   VI / II
Alokasi Waktu             :   15 x 35 menit
                                          Pert. 10 – 14 (4 minggu)

I.       Standar Kompetensi
3.  Memahami peranan Indonesia di era globalisasi

II.    Kompetensi Dasar
3.1  Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan Bangsa Indonesia

III. Tujuan Pembelajaran**
¨      Peserta didik dapat Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan Bangsa Indonesia.

v  Karakter peserta didik yang diharapkan :             Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)

IV. Materi Pokok
§  Peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap keidupan bangsa Indonesia.

V.    Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 10-14)
·       Kegiatan awal
30.  Mengajak semua peserta didik berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
31.  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·       Kegiatan inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
32.  Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan
33.  Menjelaskan dampak positif terhadap kehidupan bangsa Indonesia akibat globalisasi
34.  Menjelaskan dampak negatif terhadap kehidupan bangsa Indonesia akibat globalisasi
35.  Menjelaskan contoh-contoh perubahan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi.
36.  Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi
37.  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
38.  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
39.  Mendiskusikan peranan Indonesia pada era globalisasi.
40.  Mendiskusikan contoh-contoh perubahan pada era globalisasi.
41.  Mendiskusiakan dampak positif globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.
42.  Mendiskusikan dampak negatif globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.
43.  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
44.  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
45.  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
46.  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
47.  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
48.  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
49.  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
50.  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
51.  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik
52.  Guru bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
F.      Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
53.  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
54.  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
55.  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
56.  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
57.  Kesimpulan guru da peserta didik
58.  Evaluasi

VI. Alat Dan Sumber Bahan
§  Gambar pabrik tekstil
§  Gambar kilang minyak

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menjelaskan Peranan Indonesia pada era globalisasi
§  Menjelaskan contoh perubaan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi (misalnya : gaya, hidup, makanan, paaian, komunikasi, perjalanan, nilai-nilai, dan trandisi)
Tertulis:,

Jawab,
singkat
Jelaskan contoh perubaan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi (misalnya : gaya, hidup, makanan, paaian, komunikasi, perjalanan, nilai-nilai, dan trandisi)
Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Peserta didik
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       

                                                                                        Jombor, 12 Juli 2011
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPS


          Emy Ratnawati S Ag                                          Suharsini S Ag
NIP :197804011999032002                                 NIP : -

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..........................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester          :   VI / II
Alokasi Waktu             :   15 x 35 menit
                                          Pert. 15 – 18 (4 minggu)

I.       Standar Kompetensi
3.  Memahami peranan Indonesia di era globalisasi

II.    Kompetensi Dasar
3.2  Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai     kegiatan ekonomi antar bangsa.

III. Tujuan Pembelajaran**
¨      Peserta didik dapat Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai          kegiatan ekonomi antar bangsa

v  Karakter peserta didik yang diharapkan :             Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)

IV. Materi Pokok
§  Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga

V.    Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-5)
·       Kegiatan awal
59.  Mengajak semua peserta didik berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
60.  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·       Kegiatan inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
61.  Pengamatan Peta Asia Tenggara
62.  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
63.  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
64.  Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara
65.  Menemutunjukkan negara-negara Asia Tenggara
66.  Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara
67.  Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara
68.  Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
69.  Menemutunjukkan ciri-ciri gejala ala Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.
70.  Menyebutkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
71.  Tanya jawab ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.
72.  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
73.  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
74.  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
75.  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
76.  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
77.  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
78.  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
79.  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
80.  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik
81.  Guru bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
G.    Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
82.  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
83.  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
84.  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
85.  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
86.  Kesimpulan guru da peserta didik
87.  Evaluasi


VI. Alat Dan Sumber Bahan
§  Gambar peta Indonesia
§  Gambar Peta Asia Tenggara



VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menemutunjukkan barang yang diekspor dan diimpor oleh Indonesia
§  Menjelaskan betuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar negeri
§  Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antara Indonesia dan Luar negeri
Tertulis:,

Jawab,
singkat
Jelaskan betuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar negeri

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Peserta didik
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.






  
CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk peserta didik yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       

       
                                                                                        Jombor, 12 Juli 2011
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPS


          Emy Ratnawati S Ag                                          Suharsini S Ag
NIP :197804011999032002                                 NIP : -


 

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Pengunjung

Jam Aktif

Komunikasi

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. buguru buhar - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template