Headlines News :
Home » » Ice Breaker Penyegaran Dalam Pembelajaran

Ice Breaker Penyegaran Dalam Pembelajaran

Written By buguru on Kamis, 04 April 2013 | 09.43


CATATAN LESSON STUDY (PENERAPAN)


Dari ulasan ahli pada kegiatan Lesson Study pada hari kamis, 21 Maret 2013 banyak hal yang menjadi catatan berharga bagiku. Dari pengamatan proses kegiatan belajar mengajar dua kelas di kelas 1 dan kelas 2 yang sangat dinamis, banyak hal yang bisa dijadikan sebagai bahan diskusi yang sangat menarik sehingga dapat menarik ahli untuk memberikan analisis dalam proses pembelajaran.

Ternyata tingkat fluktuasi kerja  otak manusia dirumuskan sebagai berikut  UMUR PLUS MINUS 1. Kemampuan anak berkisar pada hasil angka itu, misalnya anak berusia 8 tahun maka kemampuan konsentrasi yang dimiliki oleh anak tersebut berkisar antara 7,8,9 menit. Dari tingkat konsentrasi tersebut.

Nah dari tingkat konsentrasi yang sudah kita ketahui tersebut, maka sebagi guru harus mampu mensetting  pembelajaran menjadi sesuatu yang sangat menarik dan tidak menjemukan. Karena pada titik tertentu otak mengalami break state dimana titik kejenuhan sudah berada di level paling bawah. Dalam keadaan ini bila proses transfer ilmu dan transfer nilai tidak dapat dilakukan dengan sempurna bahkan kalau pada tingkat ekstrim menimbulkan trauma tersendiri. Trauma ini merupakan indikasi awal dari tidak suksesnya belajar karena anak terbentuk persepsi   bahwa belajar itu menjemukan, belajar itu tidak asyik dan bahkan belajar itu siksaan.

Persepsi awal ini yang menjadi titik permasalahan banyak guru dalam proses pembelajaran, karena persepsi itu berada pada dimensi rasa,  ia bersifat subyektif dan itu bagian dari hak prerogratif anak.Karena sebaik apapun sesuatu kalau masuk dengan emosi negative akan menjadi tidak menarik di pikirannya. Sebaliknya seburuk apapun sesuatu kalau masuk dengan emosi positif akan menjadi hal yang sangat menarik.  Tugas guru adalah mengenalkan bahwa belajar adalah sesuatu yang menyenangkan. Maka guru perlu memberikan trik khusus agar anak kembali ke alam belajar dengan nyaman tanpa beban.
Melihat siklus fluktuasi otak tersebut diatas maka guru harus memberikan jeda jeda tertentu dalam proses pembelajarannya. Dalam istilah lain kita mengenal adanya ICE BREAKER. Ice Breaker itu sendiri merupakan peralihan dari situasi yang membosankan, mengantuk, menjemukan, dan tegang menjadi rileks, bersemangat, tidak membuat mengantuk, serta ada perhatian dan ada rasa senang untuk mendengarkan atau melihat orang yang berbicara di depan kelas atau ruangan pertemuan.

Bentuk kegiatanya antara lain bisa menyanyi, yel-yel, variasi tepuk, cerita, permainan, dan masih banyak yang bisa dilakukan untuk merestart kembali fungsi otak yang sudah berada di level jenuh. Ice breaker ini banyak berbentuk aktifitas fisik dengan tetap melibatkan emosi kita, dengan sendirinya bila fisik kita gerakkan maka banyak stimulan yang diterima otak sehingga dapat menggiatkan kembali sistem kerjanya.

Dari sini saya banyak tahu manfatnya kegiatan lesson study. Dari beberapa permasalahan yang ada akan muncul analisa dan penyelesaian yang sangat berguna bagi pengembangan profesi seorang guru. Guru harus cerdas dan tanggap pada situasi di dalam kelasnya sehingga proses pemelajaran adalah proses yang wajar, menyenangkan dan sangat dirindukan oleh anak didik kita.Hadiah terbaik untuk siswa adalah memperoleh pemahaman bahwa belajar adalah kegiatan yang mengasyikkan. 

Kegiata ini juga menyentuh ranah sosial kita dimana kita harus berinteraksi dengan rekan seprofesi untuk bisa saling asah asih dan asuh. Semoga rancangan kegiatan lesson study ini menjadi salah satu upaya bagi peningkatan kwalitas guru sehingga tujuan pembelajaran pada anak dapt tercapai dengan sempurna.

Disarikan dari Diskusi Lesson Study di MI Ma’arif Pulutan dengan Nara Sumber Bapak Drs. Mahfudz AN dari Widya Iswara Balai Diklat Kementrian Agama Jawa Tengah.
Share this article :

2 komentar:

  1. perlu diterapkan dalam proses KBM untuk variasi model mengajar siswa agar tidak borring.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak..berharap juga secepatnya bisa ngadain kegiatan penularan materi ini...biar semua guru bsa dapet ilmu yg bagus ini..

      Hapus

Pengunjung

Jam Aktif

Komunikasi

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. buguru buhar - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template