Headlines News :
Home » » OLIMPIADE MATEMATIKA DAN IPA PORSEMA 2013

OLIMPIADE MATEMATIKA DAN IPA PORSEMA 2013

Written By buguru on Senin, 21 Oktober 2013 | 06.03



PETUNJUK UMUM
OLIMPIADE MATEMATIKA DAN SAINS SD/MI

A.           PENDAHULUAN
Dalam rangka menumbuhkembangkan semangat dan jiwa kompetisi siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah, GENIO INSTITUTE bekerjasama dengan madrasah-mdrasah mitra untuk menyelenggarakan kegiatan olimpiade matematika-sains. Kegiatan tersebut berfungsi sebagai wahana penyalur bakat siswa dalam bidang matematika-sains dan sekaligus sebagai tolok ukur keberhasilan madrasah dalam mempersiapkan siswa-siswinya untuk menuju prestasi dalam bidang olimpiade. Melalui kegiatan olimpiade matematika-sains, GENIO INSTITUTE mempunyai misi membentuk generasi-generasi masa depan yang cerdas, kreatif, inovatif, dan kompetitif serta berakhlak mulia.

B.            DESKRIPSI KEGIATAN OLIMPIADE
Bentuk kegiatan ini adalah olimpiade matematika-sains yang dilaksanakan dalam 2 tahap, yaitu tahap I dan taha II.
1.        Tahap I
Tahap penyisihan olimpiade matematika-sains dilaksanakan selama 120 menit. Bentuk soal yang dikerjakan peserta adalah pilihan ganda dan isian singkat. Bidang matematika terdiri dari 35 butir soal pilihan ganda dan 10 isian singkat. Bidang sains terdiri dari 75 butir soal pilihan ganda dan 25 isian singkat.
(1)      Penskoran bidang matematika
Soal pilihan ganda: jawaban benar bernilai 2, jawaban kosong bernilai 0, dan jawaban salah bernilai – 0,5. Soal isian singkat: jawaban benar bernilai 3, jawaban kosong  atau salah bernilai 0.  Jadi, nilai maksimal untuk bidang matematika adalah 100.
(2)      Penskoran bidang sains
Soal pilihan ganda: jawaban benar bernilai 1, jawaban kosong bernilai 0, dan jawaban salah bernilai – 0,25. Soal isian singkat: jawaban benar bernilai 1, jawaban kosong  atau salah bernilai 0. Jadi, nilai maksimal untuk bidang sains adalah 100.
(3)      Penentuan hasil Tahap I
6 peserta dengan peringkat terbaik dinyatakan lolos ke Tahap Semifinal.
Catatan: apabila terdapat peserta yang skornya sama dengan peringkat terakhir (6 peserta terbaik) maka peserta tersebut juga dinyatakan lolos ke Tahap Semifinal.
(4)      Perlengkapan Tahap I
a)        Ruang Tes
b)        Paket soal olimpiade tahap I (terdiri dari: halaman cover, peraturan umum dan petunjuk pengisian lembar jawaban, serta halaman soal)
c)        Lembar jawaban peserta dan kertas buram
d)       Kunci jawaban dan media pengkoreksian
e)        Rekap penilaian
f)         Tim lomba (pengawas ruangan)

2.        Tahap II
Tahap II olimpiade matematika-sains dilaksanakan selama 90 menit. Bentuk soal yang dikerjakan peserta adalah uraian dan eksplorasi/eksperimen. Bidang matematika terdiri dari 10 butir soal uraian dan 3 butir soal eksplorasi. Bidang sains terdiri dari 20 butir soal uraian dan 5 butir soal Eksperimen.
(1)      Perlengkapan Tahap II
a)        Ruang Tes
b)        Paket soal tahap II (terdiri dari: halaman cover, peraturan umum dan petunjuk pengisian lembar jawaban, serta halaman soal)
c)        Alat peraga/eksperimen
d)       Lembar jawaban peserta dan kertas buram
e)        Kunci jawaban serta media pengkoreksian
f)         Rekap penilaian
g)        Tim lomba (pengawas ruangan)
(2)     Penskoran bidang matematika
Soal uraian maksimal bernilai 7, sedangkan soal eksplorasi maksimal bernilai 10 untuk jawaban benar. Jadi, nilai maksimal untuk bidang matematika adalah 100.
(3)     Penskoran bidang sains
Soal uraian maksimal bernilai 3, sedangkan soal eksperimen maksimal bernilai 8 untuk jawaban benar. Jadi, nilai maksimal untuk bidang matematika adalah 100.



(4)   Penentuan hasil Tahap II
Penentuan juara berdasarkan nilai total yang diperoleh peserta pada tahap final saja. Apabila ada nilai yang sama maka peserta dengan nilai yang sama tersebut akan diperhatikan nilai pada tahap I. Apabila dengan memperhatikan tahap penyisihan nilainya masih sama, maka akan diperhatikan hasil jawaban soal eksplorasi/eksperimen pada tahap II. Apabila dengan ketentuan tersebut masih sama nilainya, maka akan diadakan tes khusus dari juri kepada peserta yang nilainya sama tersebut.

Catatan:
·           Pemberian kategori juara dan hadiah bagi peserta final diserahkan sepenuhnya kepada panitia pusat.
·           Soal berbahasa inggris 30%
·           Materi soal mengacu pada materi kelas 4, 5, dan 6 SD/MI dan materi pengembangan soal olimpiade.

C.           PENUTUP
Demikian gambaran pelaksanaan kegiatan olimpiade matematika-sains yang kami rekomendasikan untuk madrasah-madrasah mitra GENIO INSTITUTE. Semoga bisa menjadi dasar pertimbangan dalam menentukan kebijakan selanjutnya.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Pengunjung

Jam Aktif

Komunikasi

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. buguru buhar - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template